Kamis, 03 Juni 2010

Tugas dan jasa IT

Banyak tugas dan jasa yang bisa dilakuakan dalam bidang IT terutama yang berhubungan dengan dunia cyber, antara lain :
1. Jasa membuat blog dan situs web. Anda bisa menawarkan kemampuan membuat blog dan situs web pada perusahaan, institusi atau organisasi. Tengok sekeliling anda, mungkin ada kantor baru buka yang bisa anda tawari keahlian anda.
2. Konsultan blog. Tugas utamanya memberikan saran kepada klien baik yang sudah punya blog maupun yang belum. Misalnya, soal konsep blog, brand dan strategi, dan seterusnya. Namun, untuk sukses, anda perlu membangun reputasi dahulu.
3. Konsultan SEO (search engine optimization). Saat internet makin sesak dengan melimpahnya situs web, agar menjadi nomor satu di halaman depan search engine, SEO menjadi penting.
4. Menjadi web designer. Biasanya pekerjaan mendesain web langsung tercakup pada jasa pembuatan situs web. Namun kalau anda merasa punya keahlian khusus pada bidang ini, anda bisa menawarkannya secara terpisah. Misalnya, klien yang ingin mempercantik desain webnya saja.
5. Web developer dan programmer. Kalau anda punya keahlian khusus soal ini, anda bisa tawarkan keahlian itu secara online.
6. Illustrator dan desainer grafis. Anda bisa tawarkan keahlian anda itu secara online. Lengkapi dengan berbagai contoh hasil desain/ilustrasi anda.
7. Fotografer dan juru kamera. Kalau anda pintar memotret atau shooting dengan kamera, anda bisa menawarkan keahlian lewat internet. Agar order meluas, anda perlu membangun jaringan dengan rekan di daerah lainnya.
8. Ahli komputer. Kalau anda pakar komputer, baik hardware, software, operating system, anda bisa tawarkan keahlian itu. Misalnya, jika ada yang kebingungan karena datanya hilang diserang virus, atau mungkin komputernya error.
9. Jual beli situs web/blog. Kalau anda jago membenahi sebuah situs web/blog, anda bisa membantu membenahi sampai mendatangkan banyak traffic, lalu jual. Anda buat blog lagi, benahi lagi, dan jual. Begitu seterusnya.
10. Menjadi perantara pencari kerja. Anda bisa menjadi perantara bagi perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja dan pencari kerja. Posisi apa yang sedang dibutuhkan suatu perusahaan bisa anda carikan orangnya. Begitupun sebaliknya.

sumber : http://bisnis.vivanews.com/news/read/64019-10_jenis_profesi_online_yang_patut_dilirik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar