Rabu, 24 Maret 2010

Cyber Crime

Kejahatan komputer atau Cybercrime adalah sebuah bentuk kejahatan di mana internet atau komputer digunakan sebagai media untuk melakukan kejahatan. Hal-hal yang berkaitan dengan jenis kejahatan ini adalah terutama yang berkaitan seputar hacking, pelanggaran hak cipta, pornografi anak, dan perlindungan anak. Dan berkaitan pula dengan kerahasiaan data pribadi ketika informasi yang bersifat rahasia tersebut hilang atau disadap, baik dilakukan penyadapan secara hukum atau secara ilegal.

Secara Umumnya, dapat dibagi menjadi dua jenis kategori: (1) kejahatan yang menyerang jaringan komputer atau perangkat secara langsung; (2) kejahatan yang menggunakan jaringan atau perangkat komputer, yang mana target utama tidak tergantung jaringan komputer atau perangkat.

Contoh kejahatan yang menyerang jaringan komputer atau perangkat jaringan antara lain :

* Malware (malicious code)
* Denial-of-service attacks
* Virus komputer

Contoh kejahatan yang hanya menggunakan jaringan komputer atau perangkat jaringan antara lain:

* Cyber stalking
* Fraud and identity theft, Penipuan dan pencurian identitas
* Phishing scams
* Information warfare, Perang informasi

Sebuah contoh umum adalah ketika seseorang mencuri informasi dari situs, atau menyebabkan kerusakan pada komputer atau jaringan komputer. Hal ini secara umum terjadi secara maya karena informasi hanya berbentuk secara digital, dan tidak memiliki konsekuensi kerusakan fisik terhadap mesin lain. Dalam beberapa sistem hukum, harta tak berwujud tidak dapat dicuri dan kerusakan harus terlihat, misalnya kerusakan akibat pukulan dari palu. Cara pandang manusia dalam hal terminologi kejahatan bergantung pada keterampilan bahasa alamiah dan mudah tertipu, definisi harus diubah untuk memastikan bahwa tingkah laku pelaku tindak kejahatan tetap dianggap pidana tidak peduli bagaimana hal itu dilakukan.

Sebuah komputer dapat menjadi sumber bukti. Meskipun komputer tidak langsung digunakan untuk tujuan kriminal, itu adalah perangkat yang sangat baik untuk pencatatan, khususnya yang memiliki kemampuan untuk mengenkripsi data. Jika bukti ini dapat diperoleh dan didekripsi, dapat memberikan nilai tambah untuk para penyelidik kriminal.

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Computer_crime

Tidak ada komentar:

Posting Komentar