Rabu, 30 Desember 2009

Membaca ICCID

Dalam setiap simcard, ada satu tanda identifikasi khusus yang membedakan antar simcard, hal ini agar tidak terjadi dobel kartu, kalau hal ini terjadi, akan menyebabkan kekacauan dalam sistem billing GSM. selain menggunakan no telp, misalnya awal 0813 untuk simpati, 0856 untuk im3, ada identifikasi khusus yang unik yaitu ICCID, integrated circuit card ID, jika nomer nomer tadi bersifat nasional maka ICCID bersifat internasional dan permanent. No telpon mungkin bisa diganti, tapi ICCID akan tetap sama dan tidak bisa diganti.
Untuk membaca no ICCID, tiap vendor memiliki kunci khusus untuk membacanya, hal ini tentunya karena alasan keamanan. Dalam simcard, ICCID ini disimpan dalam file khusus yaitu file "2FE2", penamaan file dalam simcard menggunaan hexa.
Jadi untuk membaca no ICCID menggunakan apdu command berupa "A0A4000000022FE2", maka respond dari simcard akan berupa no ICCID berbentuk hexa, sehingga diperlukan konversi dari hexa ke decimal untuk mengetahui berapa no sebenarnya. Tapi sebelum melakukan command select file tersebut, diperlukan otorisasi dengan mengirimkan apdu command untuk otorisasi membaca file, kalo tidak akan keluar respon 9700 alias access denied atau akses ditolak.
untuk verifikasi membaca, apdu command nya "a0b20104" dan diikuti no verifikasi pembacaan ICCID, berupa 4 byte hexa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar