Sabtu, 26 Desember 2009

XML

XML singkatan dari extensible markup language, adalah suatu paradigma baru dalam markup language, yang bersifat multiplatform dan independent. XML pada mulanya dikenal pada pemrograman berbasis web, digunakan untuk mengatur tampilan dan layout halaman di web. Tidak hanya digunakan untuk mengatur tampilan, XML juga digunakan untuk representasi data di halaman web. XML bisa digabungkan dengan HTML dan menghasilkan desain kreasi web yang dulu waktu hanya menggunakan HTML hampir mustahil dilakukan.
XML sangat disarankan oleh W3C atau world wide web consorsium dalam melakukan representasi data. XML memiliki markup markup seperti halnya HTML, tetapi tentunya dengan cakupan yang lebih luas. XML tidak hanya berkutat diseputar web programing tapi sudah merambah ke ranah pemrograman yang lain. Java dan .Net platform sangat mendukung XML, dan menyediakan bermacam fitur yang bisa dipakai dalam pemrograman xml.
XML bisa merepresentasikan table berbasis text secara sederhana, hampir semua jenis data didukung oleh XML, antara lain string, bool, integer, double sampai byte[] yang biasanya dipakai untuk menyimpan data biner. Dengan menggunakan XML, portabilitas data antar platform dapat terpenuhi dengan mudah, cukup dengan mendeskripsikan struktur table, dipastikan bisa digunakan di semua platform. Selain itu, XML jg mendukung relasi antar table dalam xml, tentunya dalam skala yang terbatas dan sederhana, tapi sudah lebih dari cukup untuk database sederhana.
Di .net untuk membuat suatu xml yang mengandung suatu data tertentu cukup dengan menggunakan method savexml pada object dataset, begitu pula sebaliknya jika ingin mengambil data yang ada pada xml, bisa dilakukan dengan method loadxml. Tidak ada rutin yang ribet, cukup dengan sintax sederhana. Hal ini karena XML sudah termasuk dalam fitur .net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar