Rabu, 30 Desember 2009

Tune Up PC

Komputer yang kita pakai, tidak selamanya akan menunjukkan performa yang maksimal, dalam jangka waktu tertentu akan mengalami penurunan kemampuan. Hal ini bisa terlihat dari beberapa hal antara pemrosesan suatu dokumen tertentu berlangsung lebih lama dari biasanya, booting dan shutdown berlangsung lambat.
Jika performa komputer mulai menurun, hal ini perlu dilakukan sendikit perhatian agar performanya naik seperti sebelumnya. Biasanya untuk mendongkrak performa yang menurun, dilakukan upgrade hardware, misalnya menambah memori, mengganti prosesor atau mengganti vga on board dengan vga card. Menambah memori akan sedikit mendorong peningkatan performa, apa lagi vga on board diganti dengan vga card, performa makin meningkat. Penambahan memori akan menambah kemampuan pc dalam melakukan penyimpanan proses yang terjadi di sistem operasi. Penggantian VGA on board akan mengurangi beban cpu dalam pemrosesan grafis. Semua proses yang berhubungan dengan grafis akan dilakukan di vga card.
Tapi dalam jangka panjang dipastikan performa akan menurun lagi, hal ini tidak terlepas dari perilaku sistem operasi itu sendiri, proses baca tulis dalam hardisk oleh sistem operasi dilakukan secara acak dan tidak terurut, selama ada space, OS akan menulis data disitu, tidak perduli dengan urutan data yang akan ditulis. Misalnya secara virtual dokumen akan kelihatan terurut di layar monitor, tetapi secara hardware, byte byte data yang tertulis terpencar dimana2, sehingga membutuhkan waktu bagi hd untuk melakukan read write data. Selain perilaku menulis byte dimana saja tanpa peduli urutan dalam file, OS membuat file temporer untuk operasi pemrosesan data, sehingga timbul file2 temporer yang makin menumpuk dan membebani sistem.
Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar performa komputer menjadi baik, dalam hal ini komputer dengan os windows xp :
  1. Melakukan disk clean up untuk membersihkan file2 yang tidak diperlukan, bisa diakses dari menu properties pada masing2 drive.
  2. melakukan defragmentasi data di hardisk dengan melalui defragment, bisa diakses melalui menu properties pada drive di windows.
  3. mengurangi opsi opsi yang akan dijalankan waktu startup windows dengan mengedit opsi-opsi yang ada melalui msconfig.
  4. menggunakan tools dari luar untuk melakukan perawatan pc, misal nya tuneup utilities, advance system total care dari iobit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar