Rabu, 30 Desember 2009

Mengirim SMS dengan SerialComm di .net

.net, paradigma pemrograman yang ditawarkan oleh microsoft dan banyak yang bilang merupakan tandingan JAVA, menyediakan banyak fitur2 dalam framework nya yang bisa dipakai secara mudah dan sederhana.
Disini kita mencoba mengirimkan sebuah sms melalui sebuah aplikasi sederhana dari .net melalui gprs modem. Di .net framework disediakan fasilitas serial comm untuk melakukan komunikasi data antara pc dan gprs modem. pada gprs modem, karena melawati comm, maka perintah2 yang dikirimkan harus diawali "AT", sehingga dikenal dengan AT Command. untuk command sendiri, biasanya bersifat spesifik untuk masing2 hardware, dan biasanya pihak manufaktur akan meluncurkan manual untuk memudahkan dalam pemrograman hardware lebih lanjut.
  • pertama, kita harus mendeklarasikan variabel serialcomm yang akan dipakai dalam pengiriman sms
private System.IO.Ports.SerialPort Comm1;
  • selanjutnya kita lakukan pengiriman perintah AT command untuk merubah mode command menjadi mode text, dengan menggunakan AT+CMGF=1, jika melakukan melalui hyperterminal, akan keluar OK jika perintah AT command sukses, tapi karena dilakukan dengan .net result nya tidak ada, kecuali kita membuat handler sendiri untuk mengetahui sukses dan tidaknya AT command.
Comm1.Write("AT+CMGF=1" + Convert.ToChar(13).ToString());
System.Threading.Thread.Sleep(100);
  • setelah itu, kita menggunakan AT+CMGS, untuk memberitahukan pada GPRS modem untuk mempersiapkan pengiriman sms ke no yang dituju.
Comm1.Write("AT+CMGS=\"" + MobNumber + "\"" + Convert.ToChar(13).ToString());

System.Threading.Thread.Sleep(100);
  • Lalu gunakan perintah Comm1.Write untuk menuliskan sms yang akan dikirimkan, pada akhir text sisipkan char(26), atau ctrl+ z kalau melalui hyper therminal.
Comm1.Write(MsgText + Convert.ToChar(26).ToString());

Disetiap AT command disisipkan perintah threading sleep(100), agar AT command berikutnya dikirimkan setelah 100 ms, respon dari GPRS modem butuh waktu dan tidak keluar error. Dibawah ini bentuk tampilan softwarenya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar